Awas, remaja saat ini rentan terkena infertilitas!

Awas, remaja saat ini rentan terkena infertilitas!

Stres, pola makan yang salah, kegemaran akan mengonsumsi makanan tidak sehat, sering tidur larut, malam, serta kurangnya olahraga merupakan pola hidup yang banyak diikuti remaja Zaman sekarang. Hal ini dapat menjadi faktor yang mempengaruhi fertilitas atau kesuburan seseorang.

Disebutkan bahwa ada seorang remaja putri yang mengunjungi seorang dokter ahli kandungan. Dikatakan bahwa dia hanya akan mengalami menstruasi apabila ia mengkonsumsi obat penambah hormon. Ternyata setelah diperiksa lebih lanjut, remaja putri tersebut menderita Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). PCOS adalah gangguan hormonal pada wanita yang menyebabkan timbulnya kista di sepanjang tepi luar ovarium. PCOS menyebabkan gangguan siklus menstruasi seperti oligomenorrhea (gangguan siklus menstruasi ringan), hypermenorrhea (gangguan siklus menstruasi sedang), hingga amenorrhea (gangguan siklus menstruasi berat atau bahkan tidak menstruasi sama sekali).

Ternyata hal ini dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup seperti itu selain menimbulkan beberapa penyakit, juga mengakibatkan obesitas yang berpengaruh terhadap kesuburan. Dokter pun menyarankan supaya para remaja saat ini banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan gandum yang berguna untuk mencegah obesitas yang berdampak pada kesuburan.

Oleh karena itu sedari dini terapkan pola hidup sehat supaya Kalian terhindar dari infertilitas atau ketidaksuburan.

Awas, remaja saat ini rentan terkena infertilitas!

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *